Wednesday, January 22, 2014

tips lulus kuliah dengan cepat dan berkualitas

          Selamat bagi kalian yang sudah menginjak bangku kuliah, selamat pula untuk kalian yang telah melihat postingan ini,mengapa demikian? ya, karena dengan melihat postingan ini saya percaya bahwa kalian mempunyai sebuah keyakinan dan niat untuk lulus kuliah dengan cepat dan berkwalitas, tips yang akan saya sampaikan ini berasal dari pengalaman dari senior, saran dosen dan pengalaman pribadi saya dalam perkuliahan.tips ini berlaku untuk kalian yang memang bersungguh sungguh, bukan hanya untuk dibaca dan dilupakan seiring waktu.oke langsung saja berikut beberapa tips yang akan saya sampaikan, renungkan dan tanamlah dalam hati kalian.

Tips And Trik Buat Kalian

  1) Untuk kalian yang masih semester awal ataupun yang baru liat postingan ini, hehe, carilah informasi tentang seluk beluk sistem yang ada di universitas fakultas sampai keprodi, contohnya : berapa sks yang harus ditempuh ,kapan kalian dapat memulai skripsi, kapan jadwal kalian bisa memulai bimbingan dan informasi lainya yang ada dikampus kalian, semua itu akan membuat kalian bisa merencanakan jadwal study dengan tepat dan berkualitas.

  2) Masuk kuliah terus dan jangan titip absen, dalam dunia anak perkuliahan,materi dari dosen sangatlah penting,perhatikan, pahami dan teruslah bertanya apa yang tidak kalian mengerti,karena sebagian besar mahasiswa tidak belajar saat jam perkuliahan berakhir, kecuali kalo udah mepet ujian barulah kalian belajar,hehe, tapi yang demikian tidak akan membuat kalian selamat dalam kehidupan ini, haha,karena ilmu yang kalian pelajari secara singkat,akan secara singkat pula hilangnya, berbeda jika rutin, kalian akan mengingatnya seumur hidup kalian.

  3) Kerjakan tugas dari dosen dan jangan menundanya, nih bagi kalian yang suka meremehkan tugas tugas yang diberikan dosen, saran saya mulai sekarang hilangkanlah sifat itu, kerjakanlah tugas dengan semaksimal mungkin,baik tugas itu mudah ataupun susah langsung kerjain aja, jangan nunggu jiplakan dari teman,inget, dosen lebih suka kerjaan yang salah daripada jiplakan dari temen kalian, inget, dosen bukan hanya melihat hasil kerjaan kalian,tetapi prosesnya juga.

  4) Jangan lupa ikut ujian, nih bagi kalian yang biasanya sibuk sampai lupa ada mid semester, inget jangan mementingkan urusan pribadi kalo lagi ada ujian,kecuali memang urusanya sangat darurat, seperti mau nikahan gitu,hehe,inget ,ujian susulan itu akan membuat konsetrasi kalian menurun, banyak faktornya, seperti ujianya sendirian, diawasi terus sama dosen, panik dan faktor lainya.

  5) Pelajari kurikulum yang ada,sebelum kalian mengambil sebuah mata kuliah,pelajarilah mata kuliah tersebut,pahami apakah mata kuliah yang akan diambil mudah atau susah bagi kalian, jangan memaksakan jadwal yang ada, ambilah mata kuliah yang mudah terlebih dahulu,sambil kalian sedikit demi sedikit mempelajari mata kuliah yang sulit yang akan kalian ambil nanti, hal tersebut akan membuat prestasi dan ipk kalian tinggi, karena kalian sudah bisa menghendel materi yang ada, tidak kewalahan dalam perkuliahan.

  6) Atur organisasi kampus yang kalian ikuti, memang mengikuti berbagai organisasi kampus itu sangat besar, diawal mungkin kalian akan bisa mengikuti 3-6 organisasi kampus dengan baik, namun sejalanya waktu kalian akan kwalahan menghadapi organisasi tersebut, saran saya pilihlah 1 atau 2 organisasi yang paling kalian suka dan minati, itu lebih banyak lagi manfaatnya ketimbang sibuk di banyak organisasi yang akan membuat kalian tidak fokus terhadap kuliah yang sedang kalian jalani.

  7) Jangan nyambi kerja yang tidak ada hubunganya dengan jurusan yang kalian ambil,kerja memang sangat membantu finansial kalian selama menjadi anak kampus, namun saran saya pilihlah kerjaan yang tidak terlalu membebani pikiran dan carilah kerja yang memang bermanfaat untuk kalian lulus nanti, contohnya, saya adalah mahasiswa olahraga, maka kaeja sampingan yang saya lakukan memiliki basic di olahraga seperti mengajar les renang dan lainya, jangan mengambil pilihan yang berbeda dari jurusan yang kita tempuh seperti jadi sales ataupun lainya.

  8) Tentukan pilihan ide skripsi dan cari referensi, janganlah kalian mencari topik skripsi pada saat jadwal kuliah skripsi, semua itu akan membuat kalian pusing dan akan membuang waktu kalian,pilihlah topik sesuai basic keahlian yang kalian miliki, secepat mungkin carilah beberapa ide, buatlah teori sederhananya, carilah buku buku yang berkaitan dengan topik, catatlah gagasan penting yang ada, tulislah daftar dimana kalian bisa mendapatkan buku itu kembali kelak nanti saat di butuhkan, sering seringlah kaliah membaca di perpustakaan atau dimana saja mengenai topik skripsi kalian.

  9) Mulailah skripsi secepat mungkin,menurut yang saya ketahui mahasiswa bisa memulai skripsi di semester enam, mulailah langsung jika memungkinkan,jangan menunggu teman teman kalian, inget nasib skripsi kalian berada di tangan kalian sendiri, bukan ditangan teman kalian, soo cepatlah mulai dan fokus.

  10) Doa bapak dan ibu, mintalah doa kepada orang tua kalian yang ada dirumah setiap saat, juga mintalah doa kepada orang tua kalian yang ada di masa perkuliahan, seperti dosen dosen yang mengajar kalian, serta berdoalah selalu ketika melakukan sesuatu kepada yang kuasa agar diberikan kemudahan, menurut saya doa merupakan elemen yang penting dalam menjalani kehidupan ini.

Itulah beberapa tips dan trik yang saya berikan,semoga bisa membantu kalian yang mempunyai keinginan lulus dengan cepat dan berkualitas,saran saya yang terakhir jangan lupa sering sering konsultasi sama wali dosen kalian,jangan kalo ada jadwal saja,mintalah saran kepada wali dosen kalian,itu akan membantu berbagai masalah yang ada dalam pekuliahan baik akademik maupun masalah pribadi kalian,satu lagi,jangan malasssssssssssss

NB: Jangan lupa like and share postingan ini.makasih yang udah mau berbagi (Y)

Lukman Nur Hakim

Semoga tulisan yang saya buat bisa membantu pembaca sekalian dan berilah komentar yang baik serta membangun

45 comments:

  1. informasinya sangat bermanfaat sob . . . :)

    ReplyDelete
  2. thankz,,,semoga berguna bagi pembaca,,,:-)

    ReplyDelete
  3. ane bgt ni gan ud smster akhir bingung dgn jdul skripsi

    kalau ad waktu mampir jg dblog ane ya

    http://maszhiday.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan bingung bingung gan,,jangan cari judulnya dulu gan,,cari masalahnya dulu,agan prodi apa emang???,,,,siap berkunjung....

      Delete
  4. Semoga tips lulus kuliah ini berguna bagi adik-adik yang masih berjuang di banku kuliah :)

    ReplyDelete
  5. terimakasih sob tipsnya sangat membantu untu yg pengen kilat cepat cepat lulus kuliah ;)

    ReplyDelete
  6. Benar .. tipsnya lengkap nih .. layak ditiru sama mahasiswa sekarang :)

    ReplyDelete
  7. wkwk ane semester 6 skarang, nicepost gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw,,,ane juga semester 4 gan,,,semangat aja gan,,cepet2 tobat,kwkw

      Delete
  8. Yang paling susah dihindari adalah point yang ke enam, ketika sudah masuk dalam organisasi kampus biasanya mahasiswa lupa kuliah alias lebih fokus ke organisasi dari pada mengikuti kuliah..
    hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,,,,betul gan,kalo udah sibuk di organisasi ya itu,kuliah di no 2 kan,wkwkw,,,tapi sih saran ane kalo udah semester 5 mending organisasinya di kurangi aja gan,wkwkw,,,kecuali emang bisa mempertahankan prestasinya,,hehe

      Delete
  9. sepeerti apa rasanya jadi anak kuliahan ya?,nasib kalian memang beruntung pada bisa kuliah.Aku harus rela jadi Kuli ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak jalan menuju ke roma gan,,,,,kalo kita mau berusaha pasti bisa,,,,

      Delete
  10. saya bertugas sebagai guru Bahasa Inggeris di sekolah menengah di Malaysia. Memang tips yg diberikan ini bermanfaat. TQ

    ReplyDelete
  11. jangan lupa tuh minta restu kedua orang tua,biarbagaimanapun beliaulah yang telah merawat dan membesarkan kita,,,,,sehingga bisa duduk di bangku kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. itumah udah pasti gan,,,dari awal masuk ampe wisuda,,,haha

      Delete
  12. terimaksih infonya sob... :)

    http://f4ndhy.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. wah tipsnya penting banget nih buat yang sedang kuliah biar lulus dengan cepat dan berkualitas :)

    ReplyDelete
  14. inti nya jangan "Malas" aja :D hehehhe

    ReplyDelete
  15. aya senang sekali menemukan website anda dan bisa ikut memberi komentar

    ReplyDelete
  16. menurut saya sangat berharga sekali bisa membaca tulisan anda, dan pada kesempatan ini akan saya manfaatkan untuk sumber referensi saya

    ReplyDelete
  17. Terima kasih banyak telah berbagi, saya berharap anda terus semangat menulis topik selanjutnya

    ReplyDelete
  18. makasih atas informasinya yang diberikan
    ini informasi sangat berguna bagi saya untuk menjadi referensi
    sekali lagi terima kasih sudah mau berbagi dengan kita semua

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. Ijin share ya bro...

    ini blog ane neh..
    http://productreviewsgo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. Wah, thx atas sharing pengalamannya..

    Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..

    hahaha... thx again

    ReplyDelete
  22. Wah muantappp nih semoga saja bisa membantu saya nih.

    ReplyDelete

 

Copyright @blulukz company 2013